Susi Ingin Identitas Kapal Pencuri Ikan Dibuka Habis

Solid Gold Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, berencana membuka rahasia identitas kapal yang melakukan pelanggaran dalam penangkapan ikan. Hal itu dilakukan agar ada efek jera bagi pelaku pencurian ikan.

“Sementara kita buka ini dulu. Sebelum kita buka belang penjahat, ya berhenti dulu. Kalau tidak nurut, ya buka habis. Sehingga nantinya rakyat Indonesia bisa awasi, kata Susi di kantornya, Jakarta, Selasa (18/7/2017).

Saat ini pihaknya baru bisa membuka informasi alat tangkap dan ukuran kapal yang kedapatan melakukan pelenggaran. Sementara untuk nama kapal dirahasiakan KKP.

“Yang bisa dilihat publik nama alat tangkap, ukuran, tapi nama kapalnya tidak (tidak bisa diungkapkan). Hanya KKP yang tahu,” kata dia.

Agar bisa membuka data hingga nama kapal pelaku pelanggaran, Susi membutuhkan dukungan masyarakat. Sehingga ia berencana menerbitkan petisi untuk mencari dukungan agar rencana membuka nama kapal tersebut bisa dilakukan.

“Akan buat vote untuk fully transparansi, sampai nama kapal, kita akan buat petisi,” ungkap menteri asal Pangandaran tersebut.