Jalan Mulus Menuju Palangka Raya yang Bebas Macet

Solid Gold Raya Kota Palangka Raya di Provinsi Kalimantan Tengah menjadi satu nama yang terus muncul menjadi calon Ibu Kota baru Indonesia menggantikan Jakarta. Hal ini telah terdengar sejak Presiden Pertama Indonesia, Sukarno, pertama kali meresmikan kota Palangka Raya sebagai Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah pada 1957 silam.

Pintu masuk terdekat ke Palangka Raya adalah Bandara Tjilik Riwut. Pusat kota Palangka Raya dapat ditempuh sekitar 15 hingga 20 menit dari Bandara ini. Berdasarkan pantauan detikcom saat mengunjungi lokasi yang dilalui, seperti ditulis Selasa (18/7/2017), sepanjang perjalanan menuju pusat kota Palangka Raya jalanan tampak mulus dan tak memiliki lubang atau amblas.

Rute jalan yang ditempuh pun tak banyak belokan. Sehingga mudah saja untuk langsung menghapal rute perjalanan dari bandara ke pusat kota, bila baru pertama kali menginjakkan kaki di kota ini.

Jalan pertama yang dilalui adalah Jalan Adonis Samad hingga melewati Bundaran Burung. Setelah itu, baru melewati Jalan RTA Milono yang juga ditempuh dengan arah lurus hingga ke bundaran di depan Universitas Kristen Palangka Raya menuju Jalan Imam Bonjol, melewati Kantor Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah. Setelah melewati bundaran tersebut, pusat kota mulai tampak hingga akhirnya sampai ke Bundaran Besar Palangka Raya.

Tak perlu takut terkena macet, karena di kota Palangka Raya hampir tak pernah ada macet. Sepanjang pinggir jalan kota pun masih belum ditemui banyak pembangunan yang masif.

Sebagai informasi, jalan darat di Kalimantan Tengah dari ibu kota Provinsi ke ibukota Kabupaten seKalimantan Tengah maupun ke Banjarmasin sebagai kota provinsi tetangga terdekat, pada umumnya dapat dilalui dengan lancar dan kondisi jalan yang baik.

Jarak dari beberapa tempat dari Palangka Raya ke Banjarmasin di Kalimantan Selatan misalnya dapat ditempuh sekitar 3 hingga 4 jam dengan jarak sekitar 180 km. Lalu jika ingin ke kota Sampit atau Kotawaringin Timur bisa ditempuh dalam waktu 45 jam dengan jarak sekitar 220 km.