Emiten terjerat hukum wajib lakukan 4 langkah ini

pt solid gold berjangka Sejumlah perusahaan pernah yang terlibat kasus hukum, baik itu pidana mapun korupsi. Salah satunya, PT Dutra Graha Indah yang saat ini berganti nama menjadi PT Nusa Konstruksi Enjiniring Tbk (DGIK) menjadi tersangka dalam kasus penyuapan yang tengah disidik oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Berhubung DGIK merupakan perusahaan publik dan tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI), ada mekansime yang harus dijalani perusahaan dalam rangka keterbukaan informasi. Menurut Direktur BEI Tito Sulistio, prinsipnya jika ada peristiwa yang mempengaruhi harga saham, maka dalam 2x 24 jam perusahaan (DGIK) harus memberikan laporan.

Menurut Tito ada empat langkah yang harus dilakukan emiten yang terlibat kasus hukum, yaitu :

1.  Emiten wajib lapor informasi atau fakta material kepada OJK dan pengumuman ke masyarakat paling lambat akhir hari kerja kedua setelah adanya informasi atau fakta material tersebut

2. Laporan dilakukan oleh direktur atau sekretaris perusahaan sepanjang diberi kuasa tertulis oleh direktur.

3. Pengumuman oleh perusahaam tercatat, melalui situs web emiten, dan web bursa atau surat kabar. pt solid gold berjangka

4. Jika informasi material sudah diketahui pihak lain (selain orang dalam), maka emiten wajib melaporkan ke OJK pada hari kerja yang sama dengan diketahuinya informasi tersebut. Jika diketahuinya pada hari libur, maka emiten melaporkan ke OJK pada hari kerja pertama setelah hari libur tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *