Selebriti Bisa Bantu Anda Setop Merokok, Begini Caranya

detik com Namanya saja public figure. Tak heran bila tingkah laku dan sikap mereka akan cenderung dilihat dan sebagian ditiru oleh orang awam. Bahkan apa yang mereka lakukan bisa jadi motivasi bagi banyak orang, termasuk untuk urusan berhenti merokok.

Sebuah riset yang dilakukan tim peneliti dari San Diego State University, Santa Fe Institute, University of North Carolina, dan Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health di tahun 2013 mengemukakan dampak diagnosis kanker pada public figure terhadap keinginan perokok untuk menghentikan kebiasaannya.

Hal ini didasarkan pada studi kasus diagnosis kanker pada mantan presiden Brazil, Lula da Silva yang dikabarkan mengidap kanker laring di tahun 2011. Sosok da Silva sendiri memang dikenal sebagai perokok berat.

Peneliti mencatat terjadi kenaikan tren penulisan berita terkait upaya berhenti merokok sebanyak 500 persen pasca diagnosis da Silva. Bahkan hingga seminggu kemudian, angkanya masih berkisar 163 persen dan baru menurun di minggu ketiga.

detik com Sedangkan tren pencarian metode berhenti merokok di laman Google di Brazil meningkat sebesar 67 persen. Bahkan ketika media berhenti memberitakan tentang upaya berhenti merokok, pencarian di laman Google terkait hal ini masih berkisar di angka 153 persen di minggu kedua, 130 persen di minggu ketiga dan 71 persen di minggu keempat.

Dalam laporannya, kabar tentang diagnosis kanker da Silva juga menjadi ajang promosi berhenti merokok yang terbesar dalam sejarah Brazil. “Dibandingkan hari-hari lain seperti Tahun Baru atau Hari Tanpa Rokok Sedunia, pada saat even ini muncul, justru ketertarikan terhadap upaya berhenti merokok mencapai tren tertingginya,” kata ketua tim peneliti, John W Ayers.

Ayers menambahkan, berhenti merokok memang tidak hanya memberikan kesempatan bagi seseorang untuk mencegah kanker tenggorokan tetapi juga efektif untuk mencegah jenis kanker lainnya seperti kanker paru, perut dan payudara.

“Kami memperkirakan ada 1,1 juta orang lebih yang berhenti merokok di Brazil sebulan pasca diagnosis da Silva,” lanjutnya.

Menariknya, setelah diagnosis da Silva dibuka di depan publik, Brazil menjadi negara dengan jumlah penduduk bebas merokok terbesar di dunia. Apalagi pada bulan Desember 2011, presiden Brazil saat itu, Dilma Rouseff menandatangani sebuah undang-undang yang melarang kegiatan merokok di seluruh area publik di negara itu.

detik com Peneliti pun meyakini besarnya kekuatan diagnosis kanker dan upaya berhenti merokok yang dilakukan public figure dalam mendorong atau memotivasi orang awam untuk melakukan hal serupa.

“Publik merasa lebih bisa menerima pesan tentang kanker atau upaya berhenti merokok ketika seorang selebriti yang terkena dan berita tentangnya disebar oleh media,” tutur Ayers lagi seperti dilaporkan Medical Daily.

Sama halnya dengan yang dilakukan aktor Ben Affleck dalam sebuah wawancara dengan Oprah beberapa waktu lalu. Ia menceritakan upayanya untuk berhenti setelah menggeluti kebiasaan merokok lebih dari 20 tahun. Tanpa ia sadari, apa yang dikisahkannya menjadi contoh bagi masyarakat, terutama generasi muda.

“Selebriti itu role model, terlepas dari mereka suka atau tidak. Dan makin banyak dari mereka yang bicara tentang upayanya berhenti merokok dan merayakan kesuksesannya, ini akan mengirimkan pesan positif kepada generasi muda tentang kebiasaan buruk ini,” ungkap Anne Mitchell dalam artikelnya di Health Central.

Apa yang terjadi pada si public figure juga mendorong masyarakat untuk melakukan skrining atau mempertimbangkan pengobatan yang sama jika memang sudah jatuh sakit. detik com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *